Profil
Resya & Putri Pembuat Kue Cinta
Ditulis oleh Ajeng Pinto   
Rabu, 21 Desember 2011 16:00

altBisnis yang dijalankan Resya Rifky (35) dan Putri Ivanka (30) diberi nama Souly Butter Kitchen. Nama itu dipilih berdasarkan filosofi yang mereka anut tentang masak-memasak. Menurut Eca, panggilan akrab Resya Rifky, “Souly Butter Kitchen” melambangkan sebuah dapur yang dipenuhi mentega di mana semua kue yang dihasilkan di situ dibuat dengan sepenuh jiwa.

Nama yang sangat manis, bukan? Tokonya sendiri tak terlalu besar, malah bisa dikategorikan mungil. Tapi, Anda tak akan kesulitan menemukan toko yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan ini. Lokasinya pas di seberang sebuah restoran cepat saji.

DIDESAIN DENGAN UNIK
Ukuran toko kue Eca dan Putri memang kecil, tetapi suasana di dalamnya penuh kehangatan. Begitu membuka pintunya, Anda akan langsung menemukan dapur. Dapur benaran, lho. Ada sebuah meja besar dengan alat-alat dan bahan-bahan pembuat kue, serta beberapa kue yang sudah jadi yang tampak sangat menggugah selera.
Pada jam-jam tertentu, bisa jadi Anda akan menemukan Eca sedang asyik membuat kue wortel (carrot cakes) atau sang adik, Putri, sedang tekun menuangkan adonan muffin dalam wadahnya. Kegiatan tersebut adalah pemandangan yang biasa karena semua kue di Souly Butter Kitchen dibuat hari itu juga oleh tangan-tangan ahli si empunya toko.

Di depan meja dapur ada sebuah oven dan rak yang menempel pada tembok. Rak itu sebagian besar digunakan untuk meletakkan cupcakes yang sudah siap saji. Alihkan pandangan Anda ke samping rak. Anda akan melihat sebuah ruangan yang sangat nyaman digunakan untuk menikmati kue-kue. Nuansa putih mendominasi dekorasi ruangan. Ada empat set sofa lengkap dengan bantal-bantal empuk dengan warna-warna cerah. Sebuah televisi menempel di tembok bagian atas, siap diganti-ganti salurannya sesuai selera pengunjung.Tak lupa, sebagai pelengkap, Eca dan Putri menyediakan akses internet gratis di Souly Butter Kitchen sehingga pengunjung yang membawa komputer jinjingnya bisa menikmati kemudahan berinternet secara gratis.

GUNAKAN BAHAN-BAHAN ASLI
Kini, setelah tujuh bulan berdiri, Souly Butter Kitchen semakin dikenal orang dan memiliki semakin banyak pelanggan. Dibantu tiga orang pekerjanya, Eca dan Putri menjalankan bisnis kue yang mereka cintai.
Setiap pagi, sekitar pukul 7 setelah mengantar anak-anaknya ke sekolah, Putri bergegas ke toko dan membuat beberapa cupcake atau muffin. Sejam kemudian, Eca menyusul dan segera membuat kue-kue lainnya.
Tepat pukul 9 pagi, Souly Butter Kitchen dibuka dan baru ditutup pukul 9 malam. Toko ini buka setiap hari. Hingga sekarang, Souly Butter Kitchen memiliki 20 varian kue dan beberapa jenis minuman pendamping. Ada teh es, kopi, dan susu cokelat.

Harga makanan dan minumannya relatif terjangkau, mulai dari Rp20 ribu. Menurut mereka, semua tentu saja sebanding dengan rasa, kualitas, dan pelayanan yang pengunjung dapatkan.
“Harganya pantaslah dan tidak terlalu mahal. Bahan-bahan yang kami gunakan adalah bahan yang paling bagus dan asli. Misalnya kue rasa almond. Kami benar-benar menggunakan kacang almond yang kami haluskan. Bukan perasa. Krim yang kami gunakankan pun bukan krim penghias, tapi benar-benar krim yang bisa dimakan dan enak.

Jadi dari atas sampai bawah, kuenya bisa dihabiskan,” Putri menjelaskan.
Untuk meningkatkan pelayanan, eca dan Putri menerima pesanan khusus untuk acara-acara tertentu. Pemesanannya dilakukan minimal dua hari sebelumnya. Bagi pelanggan yang tidak bisa langsung datang karena sibuk atau malas menghadapi kemacetan Jakarta, Souly Butter Kitchen juga melayani pesan antar.
Ada satu lagi yang kelebihan yang ditawarkan Souly Butter Kitchen kepada para pelanggannya. Mereka memiliki kelas memasak yang bisa diikuti siapa saja.Pesertanya bisa langsung praktik di toko dan langsung menikmati hasilnya. Kelas masak ini akan dijadwalkan secara berkala.

Dalam waktu dekat Eca dan Putri berencana membuka satu lagi toko Souly Butter Kitchen dengan ukuran lebih besar sehingga dapat melayani lebih banyak pelanggan. Sayang, lokasinya masih dirahasiakan.
Eca dan Putri mengatakan bahwa alasan mereka menjalankan usaha ini tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan materi, tapi juga untuk mencari kepuasan batin. “Ini memang bisnis, tapi orientasinya tidak melulu soal keuntungan. Kami menjalaninya dengan hati dan rasa suka. Kami akan sangat bahagia setiap kali pelanggan memberikan respons positif. Soal keuntungan, kami percaya itu akan mengikuti dengan sendirinya,” ucap Eca menutup pembicaraan.

TIP BISNIS ALA ECA & PUTRI
1.    Pilihlah jenis usaha sesuai minat.
2.    Tekun menjalankan.
3.    Jangan hanya berorientasi pada bisnis, namun juga pada kepuasan konsumen dan diri sendiri.

ALAMAT SOULY BUTTER KITCHEN
Jln. Kemang Raya no. 15A
Tlp: (021) 7199 985
Twitter: @SOULYBUTTER.
Facebook: Souly Butter.
 

 

Add comment


Security code
Refresh

KompasGramedia
Copyright © Majalah Sekar, All Rights Reserved 2014.
KompasGramedia